Home » » Nilai Dan Norma Sosial

Nilai Dan Norma Sosial

Nilai Dan Norma Sosial yang telah kami persembahkan untuk anda semua bagi para pembaca setia blog Yoedha Com. Selamat membaca isi postingan kami, karena dengan membaca maka kita akan menambah wawasan lebih jauh hingga kepelosok dunia. Buatlah hari-hari kita sebiru postingan terbaik kami Nilai Dan Norma Sosial.


Pengertian Nilai Sosial yang pertama;
Nilai (value) ialah kumpulan sikap ataupun perasaan terhadap sesuatu hal yang berhubungan dengan baik-buruk, benar-salah, mulia-menghina, dan penting tidak penting. Nilai Sosial ialah penghargaan yang diberikan oleh masyarakat kepada sesuatu yang baik, penting, pantas, dan mempunyai daya guna fungsional bagi perkembangan dan kebaikan hidup bersama.
Beberapa definisi nilai sosial yang dikemukakan oleh para ahli ialah;
1. Kimball young : nilai sosial ialah asumsi abstrak dan sering tidak disadari oleh para anggota masyarakat tentang apa yang baik dan apa yang penting.
2. A.W. Green: nilai sosial ialah kesadaran yang secara relatif berlangsung disertai emosi terhadap suatu objek
3. Soerjono Soekanto: nilai sosial ialah konsepsi abstrak dalam diri manusia mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk yang dianut oleh sebagian atau sekelompok masyarakat.
4. Woods: nilai sosial ialah petunjuk-petunjuk umum yang telah berlangsung lama yang mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari.
5. Robert M.Z. Lawang: nilai sosial ialah gambaran apa yang mengenai apa yang diinginkan, pantas, berharga, dan mempengaruhi perilaku sosial oarang-orang yang memiliki nilai tersebut.
Jenis-jenis nilai sosial menurut Notonegoro ialah sebagai berikut ;
1. Nilai Material yaitu segala sesuatu yang berguna bagi fisik manusia.
2. Nilai Vital yaitu segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk dapat mengadakan kegiatan dan aktifitas.
3. Nilai Kerohanian ialah segala sesuatu yang berguna bagi batin (rohani manusia).
Berdasarkan ciri-cirinya, nilai sosial dibedakan menjadi dua yaitu Nilai Dominan dan Nilai yang mendarah daging. Nilai dominan ialah nilai yang dianggap lebih penting dibanding dengan nilai yang lainnya. Ukuran dominan atau tidaknya tergantung pada: banyaknya orang yang menganut nilai tersebut, berapa lama nilai tersebut dianut dan digunakan, tinggi rendahnya usaha orang untuk memperlakukan nilai tersebut, dan prestise atau kebanggaan orang-orang yang menggunakan nilai tersebut. Nilai yang mendarah daging ialah nilai yang telah menjadi kepribadian dan kebiasaan.
Ciri-ciri dari nilai sosial menurut ahli yang bernama Huky ialah ;
1. Merupakan konstruksi masyarakat sebagai hasil interaksi antar warga masyarakat.
2. Bukan bawaan sejak lahir tetapi disebarkan melalui proses sosial, seperti kontak sosial, interaksi, difusi, adaptasi, adopsi akulturasi, dan asimilasi.
3. Terbentuk melalui proses sosialisasi.
4. Merupakan usaha pemenuhan kebutuhan dan kepuasan sosial manusia.
5. Dapat mempengaruhi perkembangan diri seseorang.
6. Cenderung berkaitan diri dengan orang lain dan membentuk suatu sistem nilai.
7. Dapat melibatkan emosi atau perasaan.
8. Beragam bentuknya antara kebudayaan satu dengan yang lainnya.
Fungsi nilai sosial ialah sebagai pendorong, sebagai petunjuk arah dari cara berfikir atau berperasaan, sebagai pengawas dengan daya tekanan atau pengikut tertentu, sebagai alat solidaritas kelompok atau masyarakat, dan sebagai benteng pelindung budaya kelompok (masyarakat).

Pengertian Nilai Sosial yang kedua;
Norma sosial ialah aturan-aturan dengan sangsi-sangsi yang mendorong atau memaksa anggota masyarakat untuk mematuhinya. Norma merupakan acuan yang digunakan oleh masyarakat untuk mengukur apakah tindakan yang dilakukan sudah benar atau menyimpang. Fungsi dari norma sosial ialah mengatur tingkah laku masyarakat agar sesuai dengan nilai yang berlaku, menciptakan ketertiban dan keadilan dalam masyarakat, membantu mencapai tujuan bersama masyarakat, dan menjadi dasar untuk memberikan sanksi kepada warga masyarakat yang melanggar norma.
Macam-macam norma dalam masyarakat, norma sosial yang dapat diklarifikasikan menjadi lima jenis, yaitu;
1. Norma Agama ialah norma yang berdasarkan pada ajaran atau kaidah suatu agama.
2. Norma Kesusilaan ialah norma yang berdasarkan hati nurani atau akhlak manusia.
3. Norma Kesopanan ialah norma yang berdasarkan pada aturan tingkah laku yang berlaku dimasyarakat.
4. Norma Kebiasaan ialah norma yang berdasarkan pada perbuatan yang dilakukan oleh secara berulang-ulang dalam bentuk yang sama sehingga menjadi kebiasaan.
5. Norma Hukum ialah himpunan petunjuk hidup yang berisi perintah dan larangan yang mengatur tata tertib dalam masyarakat.
Dilihat dari tingkat sanksi atau kekuatan meningkatnya, norma sosial terdiri dari;
1. Tata cara (usage) ialah norma yang mengatur cara seseorang dalam melakukan sesuatu.
2. Kebiasaan (folkways) ialah norma yang mengatur cara seseorang bertindak yang biasa dilakukan oleh masyarakat secara berulang-ulang.
3. Tata Kelakuan (mores) ialah norma yang bersumber pada filsafat, ajaran agama, dan ideologi yang dianut oleh masyarakat.
4. Adat (custom) ialah norma yang bersumber dari adat istiadat masyarakat setempat yang sudah berlangsung secara turun menurun.
5. Hukum (laws) ialah norma yang bersifat formula dan tertulis. Sanksinya tegas dan jelas.

Terima kasih telah bersedia membaca postingan terbaru kami Nilai Dan Norma Sosial di blog sederhana dan kesayangan anda semua Yoedha Com Rating 5.0

0 komentar:

Posting Komentar

Mausih Informasi

Info Baru